Materi dan Contoh Soal Sistem Komunikasi Pesawat Very High Frequency (VHF COMMUNICATION)

MATERI: VHF COMMUNICATION



1.          VHF (Very high frequency atau frekuensi sangat tinggi) adalah frekuensi radio yang berkisar dari 30 MHz ke 300 MHz. Frekuensi langsung di bawah VHF ditandai frekuensi tinggi (HF), dan frekuensi yang lebih tinggi berikutnya dikenal sebagai frekuensi ultra tinggi (UHF). alokasi frekuensi ini ditetapkan oleh ITU.

Penamaan tersebut mengacu pada penggunaan frekuensi tingkat tinggi berasal dari pertengahan abad ke-20, ketika layanan radio biasa digunakan MF, Frekuensi Medium, lebih dikenal sebagai "AM" di Amerika Serikat, di bawah HF. Saat ini VHF berada di urutan terbawah frekuensi penggunaan praktis, sistem baru cenderung menggunakan frekuensi dalam SHF dan EHF di atas jangkauan UHF.

Pada umumnya yang menggunakan VHF adalah siaran radio FM, siaran televisi, pemancar telepon genggam darat (darurat, bisnis, dan militer), komunikasi data jarak jauh dengan modem radio, Radio Amatir, komunikasi laut, komunikasi kendali lalu lintas udara dan sistem navigasi udara (misalnya VOR, DME & ILS).

      Hitung nilai maksimal dari jarak “line-of-sight” jika pesawat terbang pada ketinggian:

a.       2.500 feet

b.      25.000 feet

Jawab:

                  hence=karenanya


Gambarkan spektrum frekuensi dari sebuah gelombang pembawa RF pada frekuensi 124,575 MHz yang dimodulasi amplitudo oleh sebuah sinyal “tone” dengan frekuensi 1 kHz.

Jawab:


Gambarkan spektrum frekuensi dari sebuah gelombang pembawa RF pada frekuensi 124,575 MHz yang dimodulasi amplitudo oleh sebuah sinyal “baseband” dengan frekuensi dari 300 Hz sampai dengan 3,4 kHz.

Jawab:


 

4.      Apa yang dimaksud dengan chanel spacing 8,33 kHz pada Aircraft VHF Communication?

Jawab:

Merupakan standar pengaturan saluran yang dimiliki banyak negara Eropa. Sistem 8.33 kHz jarak saluran memungkinkan tiga sinyal AM DSB menempati ruang yang sebelumnya ditempati oleh satu sinyal.

 

5.      Apa fungsi “squelch” pada sistem komunikasi?

Jawab:

Penerima Pesawat VHF selalu menggabungkan sistem mematikan tahap audio penerima tanpa adanya sinyal yang masuk. Sistem ini dirancang untuk menghilangkan kebisingan latar belakang yang mengganggu dan mengganggu yang hadir ketika tidak ada sinyal yang diterima. Sistem seperti ini disebut squelch dan ambang batas tempat operasi ini disesuaikan sehingga squelch 'membuka' untuk sinyal lemah tetapi 'menutup' ketika tidak ada sinyal.

 

6.      Apa yang dimaksud dengan:

a.       ACARS, sebutkan data-data yang ada pada ACARS

Jawab:

ACARS (Sistem Pengalamatan dan Pelaporan Komunikasi Pesawat) adalah sistem tautan data digital yang ditransmisikan dalam rentang VHF (118 MHz hingga 136 MHz).

Data yang ada adalah data kapan pesawat mulai:


b.      VHF Data Link/VDL

Jawab:

VHF Data Link atau VHF Digital Link (VDL) adalah sarana pengiriman informasi antara pesawat terbang dan stasiun bumi (dan dalam kasus VDL Mode 4, pesawat lain).

 

7.      Pada VDL, jelaskan secara singkat mode data berikut ini:

a.       Mode 0

Jawab:

 

b.      Mode A

Jawab:

 

c.       Mode 2

Jawab:

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download