Materi dan Contoh Soal Sistem Komunikasi Pesawat High Frequency HF COMMUNICATION

MATERI: HF COMMUNICATION

Frekuensi tinggi (HF) adalah sebutan ITU [1] untuk rentang gelombang elektromagnetik frekuensi radio (gelombang radio) antara 3 dan 30 megahertz (MHz). Ia juga dikenal sebagai band decameter atau gelombang decameter karena panjang gelombangnya berkisar dari satu hingga sepuluh decameter (sepuluh hingga seratus meter). Frekuensi tepat di bawah HF dinotasikan frekuensi sedang (MF), sedangkan band frekuensi berikutnya yang lebih tinggi dikenal sebagai band frekuensi sangat tinggi (VHF). Pita HF adalah bagian utama dari gelombang frekuensi pendek, sehingga komunikasi pada frekuensi ini sering disebut radio gelombang pendek. Karena gelombang radio dalam pita ini dapat dipantulkan kembali ke Bumi oleh lapisan ionosfer di atmosfer - sebuah metode yang dikenal sebagai propagasi "lewati" atau "gelombang langit" - frekuensi ini cocok untuk komunikasi jarak jauh melintasi jarak antarbenua dan untuk medan pegunungan yang mencegah komunikasi line-of-sight. [2] Pita ini digunakan oleh stasiun penyiaran gelombang pendek internasional (2,31–25,82 MHz), komunikasi penerbangan, stasiun waktu pemerintah, stasiun cuaca, radio amatir dan layanan pita warga, di antara kegunaan lain.


1.      Sebutkan jangkauan frekuensi HF!

Jawab:

3-30 MHz

 

2.      Kapan komunikasi HF pada Aircraft Communication digunakan?

Jawab:

Ketika VHF (line-of-sight) komunikasi tidak cukup penggunaan utama dari HF adalah penerbangan trans samudera, berkomunikasi dengan stasiun bumi melalui HF untuk laporan posisi dan keperluan lainnya.

 

3.      Sebuah sinyal pembawa sebesar f, dimodulasi dengan gelombang informasi “baseband” sebesar 300 Hz sampai dengan 3400 Hz. Gambarkan spektrum frekuensi:

a.       DSBFC

Jawab:

 

b.      DSBSC

Jawab:

 

c.       LSB

Jawab:

 

d.      USB

Jawab:

 

4.      a.   Apa yang dimaksud dengan SELCAL?

Jawab:

Panggilan selektif (SELCAL) mengurangi beban pada awak pesawat dengan mengingatkan mereka tentang perlunya menanggapi pesan yang masuk. SELCAL tersedia di HF dan VHF tetapi sistem ini lebih banyak digunakan pada HF.

 

b.      Bagaimana cara pengkodean SELCAL?

Jawab:

Pesawat diberi kode SELCAL saat registrar di Aviation Spectrum Resources Inc. (ASRI). Secara teknis merupakan kepemilikan (Operator pesawat), jika pesawat terbang dijual, pemilik-baru mengajukan permohonan kode baru.

KODE merupakan urutan empat huruf, ditulis sebagai dua set dari dua huruf. Huruf dipilih dari subset aksara Latin A sampai S, tidak termasuk N dan O. Setiap huruf menunjuk frekuensi nada tertentu audio. Sepasang huruf diberikan secara tertulis atau ditransmisikan dalam urutan abjad (Misal, AB-CD adalah kode SELCAL yang diijinkan. berbeda seperti CD-AB, idak CD-BA). Kode hanya digunakan sekali dalam kode SELCAL. Kode tidak dapat diulang (Misalnya, AB-CD, namun tidak AA-BC dan AB-BC).

 

5.      Frekuensi “tone” pada SELCAL ditentukan oleh rumus berikut ini

Dengan N = 12, 13,....27.

Hitung frekuensi nada “tone” pada SELCAL untuk  karakter “A”  dan “D”

Jawab:


N=12 (A), 15 (D)

fA= Antilog [0,045 (12-1) +  2] =

fD= Antilog [0,045 (15-1) +  2] =

 

6.      Apa yang dimaksud dengan HFDL

Jawab:

High Frequency Data Link ( HFDL ) adalah media komunikasi ACARS yang digunakan untuk bertukar data seperti pesan Aeronautical Operational Control (AOC), pesan Komunikasi Pilot Link Data Link (CPDLC) dan pesan Automatic Dependent Surveillance (ADS) antara sistem akhir pesawat dan yang sesuai stasiun darat HFDL darat. Menggunakan karakteristik propagasi unik dari gelombang radio frekuensi tinggi , stasiun darat menyediakan komunikasi data link ke pesawat yang dilengkapi dengan baik yang beroperasi di mana saja di dunia. Hasilnya, pilot selalu dapat berkomunikasi dengan seseorang di darat

 

7.      Sebutkan HFDL ground station yang ada di seluruh dunia !

Jawab:

Irlandia, Islandia, Spanyol, Bahrain, Korea, Rusia, Thailand

 

8.      Apakah fungsi antena coupler pada gambar berikut ini :


Jawab:

Fungsinya adalah untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu meradiasikannya. Dan sebaliknya, antena juga dapat berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik dan mengubahnya menjadi sinyal listrik. Sehingga sinyal radio yang dipancarkan oleh stasiun radio dapat ditangkap oleh radio.

 

9.      Beri contoh data data apa saja yang dapat dikomunikasikan melalui HFDL !

Jawab:

 

10.  Apakah fungsi dari “Balanced Modulator” pada pemancar SSB

Jawab:

Digunakan untuk memodulasi sinyal chrominance ke sub carrier untuk menghasilkan sinyal double side band yang termodulasi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download