SHARING PRINTER dengan Jaringan LAN dengan mudah dan cepat


       SHARING PRINTER dengan Jaringan LAN

           Langkah Kerja
1.      Pertama siapkan peinter yang akan kita gunakan, pastikan printer tersebut sudah terinstall driver dan siap untuk digunakan
2.      Untuk melakukan sharing printer, kita terlebih dahulu harus mengaktifkan File and printer sharing. Dengan cara buka Control Panel terlebih dahulu, kemudian pilih Netword and Internet.

3.      Setelah jendela Network and Internet terbuka, pilih Network and Sharing Center.

4.      Kemudian pilih Change advanced sharing settings.

5.      Untuk sharing file maupun printer, pilih Turn on file and printer sharing. Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna lain dapat mengakses file atau printer yang telah Anda sharing.

6.      Langkah kelima ini bisa dibilang opsional, boleh dilakukan atau tidak. Jadi misalkan PC Andi melakukan sharing printer, dan PC Andi ini juga diberi password login. Maka siapapun yang ingin mengakses printer yang telah disharing oleh PC Andi harus memasukkan password login PC Andi terlebih dahulu. Misalkan Anda ingin menonaktifkan fitur ini, silakan klik All Networks.

7.      Kemudian pilih Turn off password protected sharing. Dengan begini setiap komputer atau PC yang ingin mengakses printer yang telah dibagikan oleh PC Andi tidak perlu lagi memasukkan password login.

8.      kita akan mengkonfiguri PC yang akan digunakan sebagai server dari printer sharing
9.      pertama setting IP pada PC server seperti yang ada pada konsep awal. Kita gunakan 192.168.0.100

10.  selanjutnya masuk pada control panel è Devices dan Printer,


11.  kemudian pilih jenis printer yang akan kita gunakan tadi, klik kanan pada gambar printer dan pilih “printer properties”

12.  kemudian masuk pada tab sharing seperti gambar dibawah, 

13.  setelah itu centang pada kotak “Share This Printer”

14.  selesai
konfigurasi dari client
1.      pertama siapkan beberapa PC/Laptop yang akan digunakan untuk client
2.      setelah  itu tancapkan kabel LAN

3.      kemudian setting IP pada ethernet jadikan 1 jaringan dengan server dengan memasukan IP 192.168.0.2/24 seperti pada gambar dibawah

4.      jika sudah satu jaringan, gunakan perintah windows + R dan ketikan IP server \\192.168.0.100

5.      kemdian akan masuk windows explore seperti berikut, terdapat icon printer yang telah kita share tadi dan beberapa folder

6.      kemudian klik kanan pada printer dan pilih connect
7.      setelah itu client akan meminta koneksi pada sever, dalam proses ini client juga meminta driver printer pada server, jadi client tidak perlu lagi menginstall driver sendiri
8.      kemudian buka word untuk mencoba apakah priter sudah terhubung, lakukan test print dari client untuk memastikan printer sudah terkoneksi dengan jarigan lokal.

9.      Hasil test print dari client windows 10

10.  Selesai.




SEMOGA MEMBANTU YA ......

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download