Materi dan Contoh Soal Sistem Komunikasi Pesawat Emergency Locator Transmitter (ELT)

MATERI: ELT


Emergency Locator Beacon Aircraft (ELBA) adalah suatu perangkat suar penentu lokasi untuk pesawat. Istilah ELBA ini diberikan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional. Kalangan lain menyebut perangkat ini Emergency Locator Transmitter (ELT). Apa pun namanya, fungsi alat ini sama, yakni memancarkan sinyal radio agar lokasinya bisa diketahui sistem deteksi yang ada.

Perangkat sejenis ELBA yang dipasang di kapal dinamakan Emergency Position Indicating Radio Beacon (EPIRB). Selain itu, ada pula alat sejenis untuk perorangan, yakni Personal Locator Beacon (PLB). Berbeda dengan ELBA dan EPIRB, PLB hanya bisa diaktifkan secara manual.



Metode ELBA telah diterapkan lebih dari tiga dekade dan diyakini keandalannya oleh negara-negara maju di dunia.

1.      Apa fungsi dan cara kerja ELT?

Jawab:

-          Fungsi ELT sebagai pemancar yang dirancang untuk mengirimkan sinyal ke satelit agar koordinat GPS jika terjadi kecelakaan penerbangan bisa dilacak.

-          Cara kerja ELT, ketika diaktifkan secara manual atau otomatis dngan cara merendamnya dalam air atau sebagai akibat dari bentura kekuatan tinggi. ELT akan mengirimkan sinyal marabahaya yang dapat dideteksi satelit non Geostasioner dan kemudian berletak tepat oleh salah satu atau kedua dari GPS.

 

2.      Berapa frekuensi kerja ELT?

Jawab:

121,5 MHz atau 406 MHz

 

3.      Gambarkan blok diagram ELT!

Jawab:


 

4.      Sebutkan dan terangkan jenis-jenis ELT!

Jawab:

-          Tipe: A atau AD.

Kelas: Dapat dilepas atau dapat digunakan secara otomatis.

Deskripsi: Jenis ELT ini secara otomatis mengeluarkan dari pesawat dan diatur dalam operasi oleh sensor inersia ketika pesawat mengalami gaya deselerasi kecelakaan yang bekerja melalui sumbu penerbangan pesawat. Jenis ini mahal dan jarang digunakan dalam penerbangan umum.

-          Tipe: F atau AF.

Kelas: Diperbaiki (tidak dapat dikeluarkan) atau diperbaiki secara otomatis.

Deskripsi: Jenis ELT ini dipasang pada pesawat dan secara otomatis diatur oleh sakelar inersia ketika pesawat mengalami gaya deselerasi kecelakaan yang bekerja pada poros penerbangan pesawat.

-          Tipe: AP

Kelas: Portabel Otomatis

Deskripsi: Jenis ELT ini mirip dengan Tipe-F atau AF kecuali bahwa antena merupakan bagian integral dari unit untuk operasi portabel.

-          Tipe: P

Kelas: Personil diaktifkan

-          Deskripsi: Jenis ELT ini tidak memiliki pemasangan tetap dan tidak mentransmisikan secara otomatis. Sebagai gantinya, sebuah saklar harus dioperasikan secara manual untuk mengaktifkan atau menonaktifkan pemancar ELT.

-          Tipe: W atau S

Kelas: Air diaktifkan atau Bertahan Hidup

Deskripsi: Jenis ELT ini mentransmisikan secara otomatis ketika direndam dalam air.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download