CONTOH SOAL SISTEM RADAR KOMUNIKASI

 Prinsip dan Sistem Radar



1. Hitung siklus kerja radar yang memancarkan pulsa 1,5 s pada PRF 8 kHz. Jika kekuatan puncak radar ini adalah 500 kilowatt, berapa daya rata-ratanya? Apa waktu istirahat?

Persamaan (2-1). Siklus kerja adalah hasil pembagian lebar pulsa (1,5 s) dengan waktu pengulangan pulsa (1/8000 Hz) atau mengalikan lebar pulsa dengan frekuensi pengulangan pulsa. (1,5 x 10-6 detik) x (8 x 103 detik-1) = 0,012 Siklus kerja adalah rasio daya rata-rata terhadap daya puncak. Oleh karena itu, jika duty cycle adalah 0,012, dan daya puncak adalah 500 kilowatt, daya rata-rata dapat diperoleh dengan mengalikan duty cycle dengan daya puncak. (0,012) (500 x 103 watt) = 6 kilowatt. Dari Gambar 2-1, waktu istirahat adalah perbedaan antara waktu pengulangan denyut (kebalikan dari frekuensi pengulangan denyut) dan lebar denyut. Waktu Istirahat = 1/8000 Hz - 1,5 x 10-6 s = 1,24 x 10-4 s = 124 s

2. Sebuah radar berdenyut memiliki siklus tugas 0,016. Jika waktu istirahat 380s, berapa lebar pulsa? Apa PRF itu? Berapakah jarak minimum radar ini, dalam meter?

Persamaan (2-1) Untuk waktu pengulangan pulsa (PRT) pengganti waktu istirahat ditambah lebar pulsa (RT + PW). Selesaikan untuk PW. PW = 6,18 s

3. Jika CRT dirancang sedemikian rupa sehingga titik melintasi permukaan indikator dalam 900 detik, kisaran berapa yang dapat diindikasikan oleh defleksi titik setengah jalan melintasi indikator?

Persamaan (2-3) Selesaikan persamaan (2-3) agar R menemukan kisaran yang ditunjukkan oleh lebar penuh layar. R = 1/2 (3,0 x 108 m / s) (900 x 10-6 s) = 135 Km Sebuah defleksi setengah jalan melintasi indikator mewakili setengah dari 135 km, atau 67,5 km.

4. Sebutkan tujuh komponen radar pulsa dasar dan jelaskan secara singkat fungsi masing-masing.

Sinkronisasi

Unit waktu sistem. Dengan demikian, ia menentukan PRF dan mengoordinasikan sapuan sapuan pada indikator dengan menembakkan pemancar.

Pemancar

Menghasilkan energi RF dari frekuensi yang diinginkan dan mengirimkannya ke sistem antena.

Sistem Antena

Menyiarkan energi pemancar dalam pola yang diinginkan ke ruang angkasa dan menerima energi balik.

Duplexer

Terdiri dari perangkat TR (Transmit-Receive) dan ATR (Anti-Transmit-Receive). Memungkinkan penggunaan antena tunggal untuk Xmit dan Receive.

Penerima

Memperkuat sinyal pengembalian lemah dan mengubahnya menjadi bentuk yang berguna untuk dispaly pada indikator.

Layar

Menyediakan metode untuk menyajikan informasi target yang diinginkan dalam bentuk yang berguna bagi operator.

Sumber Daya listrik

Pasokan listrik!

5. Sebuah target mendekati radial situs radar dengan kecepatan relatif 200 knot. Radar memancarkan energi gelombang terus menerus pada panjang gelombang 5 cm. Seperti apa pergeseran Doppler dari targetnya? Apa yang akan terjadi pada pergeseran Doppler jika target mengubah jalurnya sebesar 45o (kecepatan penutupan dikurangi)?

Dari lampiran B: 1 knot = .508 m / s, jadi 200 kts = 10160 cm / s Gunakan Persamaan (2-4) Pergeseran frekuensi = (2) (10160 cm / s) / (5cm) = 4.06 kHz untuk lintasan Perubahan 45o, kecepatan komponen pada arah penutupan menjadi 10160cos (45o) = 7184cm / s Pergeseran frekuensi = 2 (7184 cm / s) / (5 cm) = 2.87 kHz

6. Apakah pergeseran Doppler untuk target pembukaan menunjukkan peningkatan atau penurunan frekuensi? Mengapa?

Turun, dari (Persamaan 2-4), jika S "negatif", yaitu menjauh, maka pergeseran frekuensi adalah nilai negatif.

7. Mengapa jangkauan pengukuran radar CW tidak bisa? Apa keuntungan utama dari radar CW?

Jangkauan diukur dengan mencatat waktu perjalanan pulang pergi untuk denyut nadi energi radar. Karena radar CW memancarkan terus menerus, tidak ada cara untuk mengukur waktu perjalanan pulang pergi dan oleh karena itu tidak ada cara langsung untuk mengukur jangkauan. Keuntungan utama dari radar CW adalah kemampuannya untuk mengenali target bergerak. Dapat dikatakan bahwa target apa pun yang mewakili suatu ancaman juga akan bergerak.

8. Mengapa pengukuran sudut yang lebih baik dapat dicapai dengan balok yang sempit daripada balok lebar? Mana yang lebih cocok untuk mencari target? Mengapa?

Karena perubahan kekuatan sinyal lebih terlihat saat target bergerak menuju tepi sinar, semakin dekat ke tepi target saat dilacak, semakin mudah untuk mendeteksi perubahan sudut. Perubahan besar kekuatan sinyal tersebut terjadi lebih dekat ke sumbu dalam sinar yang sempit daripada di sinar lebar sehingga menghasilkan akurasi pelacakan yang lebih baik. Balok lebar. Karena berkas sinar yang sempit akan menutupi area yang terlalu kecil di ruang angkasa untuk digunakan pada awalnya untuk menemukan potensi ancaman. Sinar yang sempit jauh lebih cocok untuk pelacakan target dan solusi pengendalian kebakaran di mana akurasi adalah pertimbangan utama. Radar pencarian tidak memerlukan tingkat resolusi tertentu karena fungsi utamanya adalah untuk menentukan keberadaan target saja. Setelah ini selesai, balok sempit akan digunakan untuk pelacakan.

9. Apa perbedaan antara broadside dan end-fire array? Jelaskan bagaimana array sisi lebar pada Gambar (2-17) dapat dimodifikasi menjadi array ujung api.

Dalam array sisi lebar, semua elemen mentransmisikan dalam fase. Jika setiap elemen distimulasi keluar fase dengan tetangga terdekatnya, dengan jumlah yang sama dengan bagian panjang gelombang yang memisahkan elemen yang berdekatan, array api-akhir akan dihasilkan.

10. Jelaskan fungsi reflektor parasit.

Reflektor parasit digunakan dalam beberapa sistem antena radar sebagai sarana untuk memusatkan energi yang dipancarkan ke arah yang diinginkan. Tanpa perangkat untuk memenuhi tujuan ini, antena radar tipe array akan memancarkan dua sinar utama yang sama ke arah yang berlawanan. Ketika elemen konduktor ditempatkan di medan listrik, tegangan akan diinduksi dalam elemen. Ketika medan ini bervariasi, seperti di sekitar dipol yang memancar, variasi tegangan yang diinduksi dalam konduktor (elemen penggerak) akan menyebabkannya memancar juga, tetapi dengan pergeseran fasa. Penempatan yang tepat dari elemen yang digerakkan di sekitar larik oleh karena itu akan mengatur interferensi yang akan cenderung membatalkan bidang di satu arah dan memperkuatnya di arah lain, sehingga memungkinkan sinar utama tunggal yang lebih kuat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download