Sebutkan contoh contoh aplikasi sistem pengukuran jarak jauh yang menggunakan konsep Radar !

 

RADAR PESAWAT TERBANG

 


1.      Sebutkan contoh contoh aplikasi sistem pengukuran jarak jauh  yang menggunakan konsep Radar !

-          Light Distance And Ranging (LiDAR) adalah suatu metode pendeteksian objek yang menggunakan prinsip pantulan sinar laser untuk mengukur jarak objek yang ada di permukaan bumi. LIDAR adalah  sebuah teknologi peraba jarak jauh optik yang mengukur properti cahaya yang tersebar untuk menemukan jarak dan/atau informasi lain dari target yang jauh. Metode untuk menentukan jarak menuju objek atau permukaan adalah dengan menggunakan pulsa laser.

Light Distance And Ranging (LiDAR)

 

-          Airborne Early Warning (AEW) adalah sebuah sistem radar yang dibawa oleh sebuah pesawat terbang yang dirancang untuk mendeteksi pesawat terbang lain. Radar ini dapat membedakan antara pesawat terbang kawan dan pesawat terbang musuh dari jarak jauh. Pesawat peringatan dini digunakan dalam operasi penerbangan defensif maupun ofensif. Secara ofensif, sistem ini bertugas untuk mengarahkan pesawat tempur ke targetnya. Secara defensif, sistem bertugas untuk mengawasi serangan musuh.

Airborne Early Warning (AEW)

 

-          Radar Altimeter (altimeter radar, altimeter elektronik, altimeter refleksi, altimeter radio (RADALT), radio altimeter kisaran rendah (LRRA) atau hanya RA) merupakan sebuah alat ukur ketinggian di atas medan saat ini di bawah pesawat atau pesawat ruang angkasa. Jenis altimeter memberikan jarak antara antena dan tanah langsung di bawah, berbeda dengan altimeter barometric yang menyediakan jarak di atas datum ditetapkan, biasanya berarti permukaan laut.

Radar Altimeter

 

-          Synthetic Aperture Radar (SAR) yaitu salah satu teknologi yang memanfaatkan konsep radar untuk penginderaan jarak jauh (remote sensing), SAR dapat melakukan pengamatan terhadap permukaan bumi tanpa terpengaruh oleh cahaya matahari. SAR akan menembakkan gelombang elektromagnetik ke area yang diamati untuk kemudian memproses gelombang pantul (echo) dari target atau area tersebut menjadi sebuah citra.

Synthetic Aperture Radar (SAR)

 

-          Over-the-horizon Radar, atau OTH (kadang-kadang juga beyond the horizon, atau BTH), adalah sebuah jenis sistem radar dengan kemampuan untuk mendeteksi target pada jarak yang sangat panjang, biasanya sampai ribuan kilometer.

Over-the-horizon Radar (OTH)

 

2.      Sebutkan contoh contoh aplikasi sistem pengukuran jarak dekat yang menggunakan konsep Radar !

-          Automatic Identification System (AIS) adalah sebuah sistem pelacakan otomatis digunakan pada kapal dan dengan pelayanan lalu lintas kapal (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya, BTS AIS, dan satelit.

Automatic Identification System (AIS)

 

-          Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan suatu alat yang digunakan untuk proses deteksi benda – benda yang terkubur di bawah tanah dengan tingkat kedalaman tertentu, dengan menggunakan gelombang radio, biasanya dalam range 10 MHz sampai 1GHz . Aplikasi GPR dapat digunakan untuk survey benda-benda yang terpendam di tempat yang dangkal, tempat yang dalam, dan pemeriksaan beton.

Ground Penetrating Radar (GPR)

 

-          Airport Surveillance Radar (ASR) adalah sistem radar yang digunakan di bandara untuk mendeteksi dan menampilkan posisi pesawat di terminal area, dan Digital Airport Surveillance Radar (DASR) adalah sistem kontrol radar lalu lintas udara terminal baru yang menggantikan sistem analog saat ini dengan teknologi digital baru. Sistem Elektronik Pusat Angkatan Udara, Amerika Serikat US Federal Aviation Administration, Angkatan Darat AS dan Angkatan Laut Amerika Serikat sedang dalam proses pengadaan sistem DASR untuk meng-upgrade fasilitas radar yang ada untuk Departemen Pertahanan AS (DoD) dan lapangan udara sipil. Sistem DASR mendeteksi posisi pesawat dan kondisi cuaca di sekitar lapangan udara sipil dan militer.

Airport Surveillance Radar (ASR)

 

-          Wireless Body Area Network (WBAN) Deteksi Aktivitas Pernapasan Manusia Dengan Konsep Radar dan Antena UWB Untuk Aplikasi WBAN. Pernapasan manusia dapat dideteksi dengan melihat pantulan pergerakan pada dada. Antena UltraWideband (UWB) menjadi kandidat utama dalam melakukan deteksi pergerakan dada karena kemampuan presisi yang tinggi saat mendeteksi gerakan bernapas yang sangat kecil saat menghirup atau menghembus. Hasil pengukuran menunjukkan pernapasan dapat terdeteksi dengan baik saat dada bergerak > 4 cm. Saat dada bergerak < 4 cm, pernapasan tetap terdeteksi namun memiliki persentase keberhasilan yang rendah. Pergerakan dada dapat terdeteksi dengan memanfaatkan delay waktu dengan konsep gelombang radar. Plot hasil pengukuran pergerakan dada memiliki pola yang serupa dengan perhitungan gelombang radar. Namun, sistem ini memiliki kinerja yang kurang baik dalam membandingkan pergerakan dada antar kedua subjek. Pada akhirnya ,deteksi pernapasan dengan antena UWB radar dapat dilakukan untuk aplikasi WBAN.

Wireless Body Area Network (WBAN)

 

-          Aplikasi Monitoring Lalu Lintas Udara Menggunakan Metode Doppler, menggunakan prinsip kerja sistem radar dan mensimulasikannya untuk aplikasi sistem monitoring lalu lintas udara dengan menggunakan metode Doppler. Dimana dalam simulasi ini pesawat terbang merupakan objek benda yang bergerak dengan kecepatan tertentu, kemudian ketika sinyal radar mengenai objek, sinyal ini memantul kembali ke sistem radar tersebut. Sistem radar kemudian mengolah sinyal informasi pantulan tersebut untuk mendapatkan posisi, jarak, kecepatan, dan jenis objek benda tersebut. Pendeteksian didapatkan dengan membandingkan amplitudo sinyal dengan amplitudo batas ambang sistem radar (threshold). Kemudian jika sinyal tersebut telah masuk ke sistem radar, maka jarak, posisi, dan sudut, didapatkan dengan menganalisis delay atau waktu tunda selama sinyal ditransmisikan sampai sinyal tersebut kembali ke sistem radar, dengan memperhatikan parameter amplitudo, threshold, CFAR, kecepatan radial antena, PRI, PW, frekuensi sampling, stagger, digitizer noise¸ dan RCS. Setelah waktu dan posisi tersebut diketahui maka metode Doppler dapat dengan mudah digunakan untuk menentukan kecepatan dan arah beda tersebut bergerak.

 

Aplikasi Monitoring Lalu Lintas Udara Menggunakan Metode Doppler

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengembalikan / Memulihkan file dan partisi yang hilang

ALGORITMA : Terdapat dua gelas kosong dengan ukuran yang berbeda. Gelas 1 berukuran 3 liter dan gelas 2 berukuran 5 liter. Tuliskan algoritma agar mendapatkan gelas yang berisi 4 liter air.

Cara Screenshot atau Capture Layar dengan Aplikasi bawaan Windows 7, 8, 10 PC (Snipping Tool) - Tanpa Download